fbpx

Sukses Jualan di Tokobagus

KLIEN: OLX.co.id (Tokobagus.com)

TANGGAL: Juli 2011

PENCAPAIAN: Menerbitkan 5000 eksemplar buku

Tokobagus.com (kini bernama OLX), sebagai situs jual beli yang sedang berkembang saat itu, memiliki kebutuhan untuk mengenalkan platform toko online kepada masyarakat dengan cara yang out-the-box sekaligus edukatif. Jubilee Enterprise melihat peluang ini dengan menawarkan konsep branding plus edukasi dengan cara menerbitkan buku. Bekerja sama dengan PT Elex Media Komputindo, diterbitkanlah buku berjudul “Sukses Jualan di Tokobagus”.
Buku ini mengajarkan kepada end user bagaimana memanfaatkan platform Tokobagus untuk mengadakan transaksi jual beli barang dan jasa. Mengapa strategi penerbitan buku ini dipilih? Ada beberapa alasan utama. Pertama, dengan menggandeng PT Elex Media Komputindo, buku tersebut didistribusikan ke seluruh Indonesia menggunakan jaringan Kelompok Kompas Gramedia. Ini akan menaikkan value brand Tokobagus di dunia nyata. Kedua, buku masih dianggap ‘sakral’ sehingga media promosi berbasis buku dianggap pilihan cerdas apabila ingin menyasar segmen user yang well-educated. Di dunia maya, pengguna yang well-educated sama artinya dengan situs yang aman serta nyaman karena bebas (atau paling tidak minimal), dari kasus spamming, penipuan, dan masalah sosial lainnya. Ketiga, media promosi berbasis buku lebih bernilai di mata calon konsumen. Sebagai contoh, brosur atau leaflet akan sangat mudah dibuang. Sedangkan buku, merupakan item yang akan disimpan selalu.
Diterbitkanlah 5000 eksemplar buku “Sukses Jualan di Tokobagus” dimana 60% didistribusikan via jaringan toko buku dan sisanya lewat berbagai promosi offline yang diselenggarakan sendiri oleh Tokobagus. Buku tersebut, untuk versi retail, dicetak ulang dalam waktu 3 bulan.